LOGO dishub
Beranda > Berita > Fllaj Lombok Barat Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Construction Sect…
Serba-serbi

FLLAJ LOMBOK BARAT GELAR PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS Construction Sector Transparancy (CoST)

Posting oleh dishublobar - 24 Juni 2022 - Dilihat 737 kali

Batu Layar - Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Kabupaten Lombok Barat menggelar Pelatihan CoST (Construction Sector Transparancy) tahun 2022 bertempat di Hotel Jayakarta, Kamis (23/6).

Tujuan utama dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman peserta dalam CoST, penyelenggaran pelatihan peningkatan kapasitas CoST dilaksanakan selama satu hari saja, hari kamis, 23 Juni 2022,” kata Wakil Ketua Panitia Fathurrahman. Dia menambahkan, peserta pelatihan peningkatan kapasitas CoST berjumlah 40 orang yang terdiri dari Anggota FLLAJ Kabupaten Lombok Barat dan dari unsur Masyarakat.

“Pembiayaan kita dari pelaksanaan pelatihan pelatihan peningkatan kapasitas CoST tahun 2022 bersumber dari dana Lembaga CoST dunia,” terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Lombok Barat sekaligus sebagai Ketua Fourum LLAJ Lombok Barat H. Moh. Najib, MM dalam laporannya "tujuan dari pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas CoST ini agar bisa meningkatkan pemahaman dalam menyusun laporannya CoST khususnya bagi anggota forum yang ada. 

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Bupati Lombok Barat, Bapak H. Fauzan Khalid, S. Ag. dalam sambutannya beliau mengharapkan pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Lombok Barat semua harus masuk sistem, mulai dari perencanaanya sampai program pembelian dsb. sehingga semua bisa di akses oleh masyarakat, beliau juga mengharapkan dengan adanya sistem tersebut ada feedback yang akan menjadi bahan evaluasi internal, CoST (Construction Sector Transparancy) adalah inisiatif global terkemuka yang berusaha meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam infrastruktur publik.

“Untuk kita di Lombok Barat tercatat sebagai anggota resmi CoST semenjak diterimanya surat penerimaan dari Pimpinan CoST Internasional per tanggal 26 Oktober 2019,” jelasnya.

Dia menerangkan, dari CoST ini supaya meningkatkan indeks keterbukaan data di Lombok Barat secara keseluruhan. CoST sendiri terkait infrastruktur secara umum, jadi semua project yang bersifat tender bisa dipresentasikan dengan menemukan standar CoST sendiri yaitu IDS (Infrastructure Data Standard) dan IC for IDS (Infrastructure Data Standard).


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *