LOGO dishub
Beranda > Berita > Optimalisasi Segenter Dan Tawun, Kadishub Lombok Barat Kunjungi Pelindo Da…
Berita Utama

OPTIMALISASI SEGENTER DAN TAWUN, KADISHUB LOMBOK BARAT KUNJUNGI PELINDO DAN KSOP

Posting oleh dishublobar - 15 Mei 2023 - Dilihat 213 kali

Giri Menang - Dalam rangka optimalisasi operasioal lahan parkir khusus eks Terminal Segenter, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, Drs. H. Moh. Najib, MM. bersama Seketaris dan para Kepala Bidang, pada Senin, 15 Mei 2023, mengunjungi PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar.

Kedatangan Kadishub Lombok Barat diterima langsung oleh General Manager (GM) Pelindo III Lembar, Baharuddin, beserta jajarannya di Ruang Rapat PT. Pelindo III Lembar. Sebagai permulaan, H. Moh. Najib, menyampaikan maksud kedatangannya beserta rombongan dalam rangka berkoordinasi terkait optimalisasi eks Terminal Segenter yang akan dijadikan lahan parkir khusus bagi kendaraan barang yang akan melakukan kegiatan bongkar muat di kawasan Pelabuhan Lembar. Selain itu, dijelaskan oleh Mantan Kepala BPBD tersebut, bahwa hal ini merupakan bagian dari tindak lanjut terhadap penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan PT. Pelindo III Lembar.

PT. Pelindo III melalui General Managernya menyampaikan Pelindo merespon dengan baik dan siap mendukung secara penuh dalam rangka optimalisasi Segenter. Pihaknya menyatakan bahwa ini merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan bersama, selain itu Pelindo berharap bisa berkontribusi terhadap operasional Segenter.

Fathurrahman, Sekretaris Dinas Perhubungan, menambahkan bahwa Lombok Barat dengan Pelabuhan Lembar merupakan pintu strategis jalur logistik nasional, khususnya di NTB, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian terhadap keluar masuknya logistik dari dan menuju kawasan Pelabuhan Lembar, sehingga dampaknya bisa menekan inflasi di NTB. Dan salah satu langkah yang strategis adalah dengan menghidupkan kembali Jembatan Timbang, untuk mengontrol muatan yang dibawa  oleh para pengemudi kendaraan barang yang akan menuju dari dan ke Pelabuhan Lembar.

Selanjutnya, setelah dari Pelindo, Kadishub Lombok Barat beserta rombongan kemudian menuju Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dalam rangka upaya Optimalisasi Pelabuhan Tawun di Sekotong serta penertiban dan pengawasan terhadap pelabuhan tikus di wilayah Sekotong. Dalam penerimaannya, Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, Capt. Ari Wibowo, yang mewakili KSOP, berpesan agar sebelum melakukan penertiban perlu disosialisasikan terhadap rencana tersebut serta perlu adanya kesepakatan dan kepastian tarif penyebrangan sebagai dasar penertiban. (Dishub Lobar-PKP)        


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *